by

Menjadi Penulis Itu Mudah

-Opini-32 views

Indonesiaxpost.com- Jakarta- Ada anggapan bahwa menulis itu susah-susah gampang. Sebetulnya menulis itu tidak susah, asal kita sudah memiliki hasrat untuk menulis. Tidak ada sesuatu di dunia ini yang sulit, sepanjang kita mau melakukannya, tidak ada yang sulit. Kesulitan itu terjadi hanya karena kita belum memulai. Tapi kalau sudah memulai tidak ada yang sulit.

Dan ada lagi yang mengatakan bahwa menulis itu harus punya bakat. Kalau tidak ada bakat mustahil akan bisa menulis. Anggapan itu sama sekali tidak beralasan, setiap manusia sudah diberikan bakat masing-masing, tidak mungkin kita tidak punya bakat. Apa bila manusia tidak mempunyai bakat, maka dia tidak akan bisa hidup.

Sepanjang kita mau berusaha dan sepanjang kita tidak mau memulai maka sepanjang itu juga bakat yang ada pada diri kita tidak akan muncul kepermukaan, untuk itu memulai sesuatu yang positif itu tidak dilarang.

Kehidupan manusia itu harus dimulai dari bakat untuk hidup, untuk mempertahankan hidup. Tanpa adanya talenta maka kehidupan itu berjalan biasa saja. Tidak ada dinamika dalam kehidupan.

Memulai sesuatu yang positif diperlukan adanya semangat, adanya kemampuan untuk merubah hidup. Dalam suatu hadis nabi dikatakan ” Allah SWT tidak akan mau merubah suatu kaum, apabila kaumnya itu sendiri tidak mau untuk merubahnya ” artinya bahwa setiap manusia sudah diberikan Allah SWT talenta. Akan tetapi yang menjadi permasalahannya tidak mau untuk memulai alias malas untuk berpikir.

Semua fasilitas sudah ada dan lengkap, ibaratnya ketika kita disediakan hidangan, mana kita bisa dapat merasakan hidangan yang ada dihadapan kita itu tanpa kita santap, hanya dipandangi saja begitulah kira-kira istilah terkait Perihal memulai untuk menulis.

Saya yakin diantara pembaca web ini memiliki satu kompetensi untuk memulai menulis, cuma masih belum ada waktu untuk menulis. Demikian barangkali terkait menulis, bahwa menulis itu adalah mudah. ( Legino. Jr. )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed