by

Ilmuwan Inggris Buat Game Minecraft

-Iptek-12 views

Indonesiaxpost.com – LONDON. Seiring perkembangan teknologi, banyak media yang bisa orang manfaatkan untuk pembelajaran. Salah satunya, melalui video game. Itu yang ilmuwan Inggris lakukan, dengan memanfaatkan gim Minecraft.

Selain menarik untuk anak-anak, interaksi dengan bantuan gim seperti Minecraft akan memberikan pengalaman baru untuk memudahkan memahami informasi yang ingin orang sampaikan.

Melansir PCGamesn.com Selasa (14/7), empat universitas di Inggris, yaitu UWE Bristol, Universitas Aberdeen, Universitas Lancester, dan Universitas Hull mendapatkan dukungan dari Royal Society of Chemistry Outreach Fund untuk mengembangkan proyek besar.

Proyek tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi kepada anak-anak seputar penyakit diabetes. Untuk itu, para ilmuwan dari keempat universitas tersebut memanfaatkan media yang cukup menarik, gim Minecraft.

Mereka memanfaatkan momentum Minecraft yang sangat populer di kalangan anak-anak. Para ilmuwan tersebut kemudian membangun bangunan besar yang menggambarkan anatomi tubuh manusia.

Bangunan di Minecraft itu menyerupai bagian dalam tubuh manusia lengkap dengan organ-organ vitalnya. Dengan begitu, anak-anak bisa berinteraksi seperti mengunjungi museum yang isinya adalah organ tubuh manusia.

Anak-anak dapat mempelajari diabetes, bagaimana penyebabnya, dan efek apa yang akan penyakit itu timbulkan. Organ dan sel yang ada di dalam tubuh direpresentasikan sebagai bangunan-bangunan unik.

Mulai jalan lurus, labirin, hingga blok-blok dengan warna tertentu yang menggambarkan hormon insulin, pembuluh darah, dan beberapa sel lainnya. Di setiap jalan yang dilewati juga terdapat papan penanda yang memberitahu arah selanjutnya dan mendeskripsikan organ atau sel tertentu.

Para ilmuwan mengatakan, mereka telah mempelajari, dengan Minecraft bisa menghubungkan anak-anak dengan topik sains yang mungkin saat ini kurang mereka minati.

Dengan video game yang sebelumnya sudah anak-anak pahami, akan lebih mudah bagi mereka untuk menyerap informasi yang ada didalamnya. Termasuk, memahami bagaimana penyakit diabetes melalui Minecraft.(***)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed