by

Mulai Nulis Dari Yang Ringan

-Opini-43 views

Pada tulisan saya terdahulu sudah jelas bahwa tidak ada yang sulit untuk menulis. Kalau kita memang ingin jadi penulis, tidak juga, tidak apa-apa. Ini hanya sebagai pengetahuan saja siapa tahu nanti atau entah kapan, saya juga tidak tahu, siapa tahu nanti anda berubah pikiran.

Untuk apa sih kita sibuk-sibuk, repot-repot menulis ? Di toko buku sudah tersedia buku-buku yang kita inginkan. Mau baca tentang sastera ada, pengetahuan umum ada, ekonomi, politik, budaya semua sudah tersedia di toko buku, kita tinggal pilih saja buku apa yang kita suka.

Ya betul. Namun, tidak salahnya kita coba menulis sendiri lalu kita coba terbitkan, disana ada kepuasan tersendiri, kalau kita menulis, apa lagi saat ini bagi pegawai negeri sipil untuk naik pangkat atau golongan dituntut untuk membuat tulisan. Kalau buat tulisan tidak bisa naik pangkat atau golongan.

Untuk itu menulis sangat diperlukan. Jadi jangan menganggap enteng. Dianjurkannya bagi pegawai negeri sipil, sekarang pegawai ASN. Untuk kenaikan pangkat atau golongan disyaratkan untuk menulis. Tujuan bukan supaya agar bisa menjadi penulis profesional, tidak.

Menulis itu saat ini sudah menjadi kebutuhan, karena nilai angka kreditnya tinggi bisa sampai 4 point’. Maka dari itu niatkan dari sekarang untuk memulai menulis.

Dalam artikel ini saya tidak mengkhususkan bagi pegawai negeri sipil, melainkan pada para remaja, pemuda yang memang ingin menjadi seorang penulis, boleh dibilang penulis pemula.

Kenapa sasarannya remaja dan pemuda. Remaja dan pemuda itu masih energik, penuh dinamika kehidupan, penuh dengan berbagai impian dan harapan.

Sebagai remaja dan pemuda yang memang ingin jadi penulis tidak susah. Biasanya remaja dan pemuda punya buku diary ( buku catatan harian ). Mulai saja memulai menulis di buku diary tersebut, nggak usah yang tinggi-tinggi, melalui buku tersebut bisa disusun dijadikan sebuah buku. Bila perlu diterbitkan melalui jasa penerbit.

Soalnya melalui menulis ada hikmah yang didapat selain materi tulisan kita dibaca orang, dan kita sudah membantu masyarakat melalui tulisan yang kita buat. Demikian yang bisa saya sampaikan semoga ada manfaatnya. ( Legino. Jr )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed