by

PPDI Depok: Kontestasi Pilkada Kota Depok sebagai Momentum untuk lebih Memperhatikan Penyandang Disabilitas

-Politik-8 views

Indonesiaxpost.com, DEPOK – Wakil Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Depok, Zaldi mengatakan Kontestasi Kepala Daerah yang sedang berlangsung menjadi momentum yang tepat bagi para Calon Walikota dan Wakil Depok untuk lebih mengankat kesejahteraan dan Pendidikan untuk mereka karna memperhatikan kondisi anak-anak khususnya penyandang Disabilitas.

Sebab menurut Zaldi Sonata saat ini kondisi anak penyandang Disabilitas di Kota Depok sangat miris karena belum mendapatkan perhatian secara khusus.

“Untuk anak berkebutuhan Khusus ABK dan penyandang disabilitas di Kota Depok sendiri itu sangat miris, karena mereka belum tersentuh oleh pemerintahan kita (Pemkot Depok_red) untuk segala kebutuhannya, serta Perhatian ” kata Zaldi Sonata kepada ……..

Zaldi mengatakan, berdasarkan data yang didapatkan PPDI Depok, dari + 500 orang data yang terhimpun , penyandang disabilitas di Kota Depok 85 persennya itu disumbang oleh anak-anak, baik itu tunarungu, daksa dan lain sebagainya.
ada nya sebuah momentum Pilkada yang sedang berlangsung PPDI Kota Depok menyampaikan Para 2 Paslon Kandidat Yang akan bertarung untuk memasukan Program Program nya lebih untuk Memperhatikan ABK dan Penyandang Disabilitas sesuai Amanat UU No 6 Thn 2016 Tentang Penyandang Disabilitas serta PP no. 52 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial Bagi Penyandang Disabilitas. .
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial Bagi Penyandang Disabilitas adalah pelaksanakan ketentuan Pasal 96 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.
Menurut ketentuan Pasal 96 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial bagi Penyandang Disabilitas dilakukan melalui Rehabilitasi Sosial, Jaminan Sosial, Pemberdayaan sosial, dan Perlindungan Sosial dengan memperhatikan ragam, kebutuhan, dan derajat kerentanan Penyandang Disabilitas. Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib menyelenggarakan Kesejahteraan Sosial bagi Penyandang Disabilitas, dengan membuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk berperan serta dalam penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial bagi Penyandang Disabilitas., ‘ Tutur nya
Disamping itu, Zaldy Sonata juga berharap Para Paslon Pilkada Kota Depok dapat memasukan Program progran yang memihak kepada Penyandang Disabilitas.

Sebab kata ‘ Zaldy Sonata di Kota Depok anak penyandang disabilitas harus mengeluarkan biaya yang banyak untuk bisa megenyam pendidikan serta Kesehatan beda hal dengan anak normal yang biaya sekolahnya di gratiskan.

“Sekolah luar biasa (SLB) di Kota Depok itu mahal, bayangkan anak-anak yang normal bisa sekolah dengan gratis, sementara anak-anak yang berkebutuhan khusus itu minimal sebulan bisa mengeluarkan 200 ribu, belum biaya antar, karena mereka ini kan gak bisa naik angkot mereka harus dikawal, minimal mereka harus naik angkutan online karena harus bawa kursi roda,” katanya.

Lebih lanjut, yang Terjadi di lapangan sangat Memperihatinkan dan selama kami turun menyambangi Dor To Dor pihak terkait di Pemkot Depok untuk menunjukkan apa yang terjadi dilapangan namun kenyataan nya belum tersentuh.

Ia berharap para paslon yang tampil di Pilkada kota Depok nantinya siapa pun pemenang nya kontestasi Pilkada kota depok untuk menjadikan Kota Depok kedepan nya Raamah terhadap penyandang disabilitas. Ramah dalam hal ini bukan hanya memberikan bantuan-bantuan.

“Ramah bukan hanya memberikan bantuan, tapi untuk menyediakan sarana prasarana yang bisa dinikmati disabilitas, seperti kursi roda bisa lewat sebelah kanan, untuk teman-taman dan anak-anak kita tunanetra nyaman berjalan di trotoar ada rambu-rambunya,” katanya.
“Mudah-mudahan para Paslon kontestasi Pilkada kota Depok menyambut baik usulan kami dan kita bisa bersama menanggulangi persoalan penyandang disabilitas ini ,salam Sehat selalu tandasnya.[Iwan)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed